Metode Belajar Gambar Pada Anak

hasil anak menggambar

Untuk bisa memberikan pelajaran dasar gambar kepada anak, dapat dimulai dari kondisi anak bahwa mengambar itu merupakan hal yang menyenangkan. Sebagai orang tua dan juga pendidik harus terbuka kepada anak dan komunikatif agar anak dapat mengerti dan memahami apa yang akan digambarnya.

Dan mengatakan kepada anak, bahwa gambar itu tidak sulit dan dapat menghasilkan sebuah karya yang enak dipandang. Dengan hal itu, jika anak yang telah mencoba menggambar sesuatu, lalu jangan lupa untuk memujinya dan penghargaan atas karya yang telah dibuatnya dengan susah payah.

Sebelumnya kita memberikan pelajaran gambar pada anak, dapat dilakukan dengan cara membentuk sebuah coretan gambar yang sederhana. Dimana harus menyesuaikan dengan kemampuan yang mereka miliki. Maka dari itu ajaklah anak anda membuat coretan seperti ini :

[caption id="attachment_12183" align="alignnone" width="800"]hasil anak menggambar hasil karya anak yang belajar menggambar[/caption]

Beberapa Cara Mengajarai Anak Dari Coretan Gambar

  • Menggambar Dengan Menggunakan Titik-titik

Mulailah mengajak anak untuk membuat suatu gambar dalam bentuk titik-titik berupa satu warna, dua warna sampai pada akhirnya berkombinasi warna sekaligus.

[caption id="attachment_12175" align="aligncenter" width="320"]gambar titik belajar gambar melalui titik-titik[/caption]
  • Mencoba Mengajari Bentuk Garis Vertikal dan Horizontal

Mintalah kepada anak untuk membuat sebuah garis dalam bentuk vertrikal dan juga horizontal. Yang pada sebelumnya kita mencontohkan terlebih dahulu kepada si anak. Lalu menyuruhnya bikin pada dua kertas yang pertama bentuk vertikal dan kedua horizontal sesuai selera anak digoresan tersebut.

[caption id="attachment_12176" align="aligncenter" width="300"]gambar horizontal dan vertikal belajar gambar garis horizontal dan vertikal[/caption]
  • Buat Gambar Garis Miring Kepada Anak

Dengan mengajarinya gambar garis miring yang memulainya sebuah garisan dari kiri kekanan dan juga kanan ke kiri, dari atas kebawah dan dari bawah ke atas. Memang untuk tahap metode ini akan menyulitkan si anak, dengan itu berikan anak sebuah penggarisan untuk memulainya. Dalam metode ini dapat dilakukan hingga si anak cukup bisa menggoreskan alat gambarnya dengan langsung.

[caption id="attachment_12179" align="aligncenter" width="300"]gambar garis miring belajar garis miring[/caption]
  • Mengajarinya Gambar Dengan Membuat Lenkungan dan Lingkaran

Berikan latihan gambar kepada anak untuk mengontrok tangannya dalam membuat bentuk lengkungan dan lingkaran. Hal yang pertama dilakukan adalah menyuruh membuat gambar lengkung yang menghadap kebawah layaknya huruf n, lalu buat lengkungan yang menghadap ke atas dalam bentuk u.

Jika anak sudah telihat lumayan mahir dalam bentuk tersebut, maka dilanjutkan dalam membuat lingkaran yang berbentuk kombinasi n dan u. Dimana anak tersebut harus mmebuatnya dengan lingkaran secara utuh.

[caption id="attachment_12180" align="aligncenter" width="300"]gambar lingkaran belajar menggambar dalam bentuk lingkaran[/caption]
  • Gambar Dengan Menggunakan Teknik Asosiasi

Dengan bisa menguasai teknik gambar yang ada di atas, maka selanjutnya mengajari anak ke tahap gambar berikutnya dalam bentuk nyata. Dalam metode ini anak harus diajarkan menggambar berupa pikiran mereka yang dapat dikenalnuya di suatu obyek gambar yang akan dibuatnya.

Bentuk yang paling mudah untuk digambarnya, bisa berupa abjad ataupun angka. Yang berdasarkanterdapat dua manfaat yaitu selain anak mampu menggambar, juga meningkatkan kemampuan pelajaran pengetahuan dan pengenalan angka.

[caption id="attachment_12181" align="aligncenter" width="300"]teknik gambar asosiasi belajar gambar dengan teknik asosiasi[/caption]

Belajar Gambar Untuk Anak di Pad Paint, Serpong

Bagi anda yang memiliki anak untuk mengetahui bakatnya, apakah anak tersebut suka dengan gambar. Maka segera daftarkan anak anda ke tempat kursus Pad Paint yang berada di daerah Serpong, kota Tangerang Selatan. Dimana banyak metode dalam mengajari anak belajar gambar. Yang tidak akan membuat si anak menjadi cepat bosan atau jenuh.

Kami memiliki para pembimbing atau guru yang mampu berkomunikasi dengan cepat pada tiap anak, agar terlihat bakat yang ada di dalam diri anak tersebut. Dengan memberikan teknik sederhana dalam mengajari anak gambar. Maka si anak dapat melatih dirinya untuk membuat gambar yang lebih kompleks.

Yang mana kemmapuan anak akan terus berkembang, jika terus dilatih tiap hari secara konsisten.