Mahasiswa ITS Ini Sedang Belajar Menjadi Bos

ilustrasi bisnis

Jabatan setinggi apapun yang anda miliki sekarang, anda tetaplah seorang karyawan. Serendah apapun usaha yang telah anda miliki, anda adalah seorang bos.

Bob Sadino yang merupakan pengusaha sukses itu telah menjadi motivasi terhadap mahasiswa fisika ITS angkatan 2015, memiliki niat untuk beriwirausaha yang diadakn di BEM ITS melalui Pasar Malam Minggu ITS atau yang disinggakat Pammits.

Meski mereka baru pertama kali berjualan dalam kegiatan tersebut, namun memiliki semangat mahasiswa yang tidak ada habisnya. Yang membuat hal ini dirasakan oleh Reygi, mahasiswa fisika ITS angkatan 2015.

Bagi dia sendiri, untuk bisa menjalankan KPP LKMW, dalam berjualan dirinya dapat berlatih bisnis untuk ke depannya bisa menjadi seorang penguasaha. Yang pastinya tidak ada penguasaha instan, pasti harus melalui sebuah proses.

Untuk bisa menjadi seorang penguasaha, tentunya harus berlatih sejak kita memikirkan hal tersebut. Kenapa ? Karena ketika seseorang yang memiliki niat untuk menjadi penguasaha harus memiliki tekad yang bulat untuk menjalankannya.

Dengan itu, merupakan masa-masa menuju ke dewasaan dan mampu berpikir untuk masa depannya.

[caption id="attachment_13210" align="alignnone" width="960"]ilustrasi bisnis bisnis membuat anda lebih bersemangat[/caption]

Pernyataan Mahasiswa Yang ingin Jadi Penguasaha

“Agar dapat menarik pemebeli, kami memberikan harga dagangan dengan nominal uang yang pas, bisa dicontohkan seperti lima ribu atau sepuluhan ribu rupiah,” ujar Reygi dalam cara berdagangnya.

Dengan cara memberikan label dagangannya, Siomay asli Tangerang Selatan yang menjadikan ciri khas daerah tertentu yang dijual pada dagangannya. Dengan itu, pembeli akan tertarik untuk membelinya, sekaligus mencoba produk yang dia dagangkan.

Reygi yang memberikan target penjualan siomay Tangerang Selatan dalam dagangannya, dapat memberikan laba sebesar seratus ribu rupiah. Menurutnya, jika keuntungan yang didapatnya lebih banyak dan juga peminatnya pun banyak, maka bisnis yang dijalaninya akan dikembangkannya lagi.

Rezki pun memberikan tanggapan bahwa mahasiswa harus bisa kewirausahaan dengan jualan, ketika awal dirinya masuk fisika, mereka hanya tahu tentang teori saja. Dengan hal tersebut, mahasiswa harus memiliki motivasi dalam berbisnis yang baik.

Dalam beriwausaha, tujuannya agar mereka berani dalam mengambil sebuah resiko saat berdagang atau berjualan. Contohnya, dalam keadaan hujan, bagaimana mereka harus berusaha agar dagangannya bisa laku atau terjual.

Dalam melakukan bisnis itu harus mau berjuang dengan keras atau bersusah terlebih dahulu. Dan tidak mudah menyerah! Meski pada awalnya berat, namun akan terasa manfaatnya,” ujar Rezki yang merupakan Ketua Departemen Perekonomian Himasika ITS.

Dalam hal berdagang pun banyak yang kita dapat selain untung, seperti banyak yang tahu nama kita atau nama toko, dapat berkenal langsung dengan pedagang yang sukses dan saling bertukar pikiran dan lain-lain.

[caption id="attachment_13211" align="alignnone" width="960"]tempat kursus fisika tempat kursus fisika[/caption]

Belajar Fisika Agar Tidak Stres Dicampur Dengan Berdagang

Terdapat sebuah tempat kursus fisika yang berada di BSD, dalam proses mengajar pun tidak terasa menegangkan dan bosan. Yang mana proses belajar fisika itu diselingi dengan cara berwirausaha yang membuat kita termotivasi.

Alasannya, untuk membuka pikiran kita sendiri agar lebih semangat dalam hal belajar fisika. Karena dalam berdagang pun kita menjadi semangat, yang awal mula dagang pun harus bersusah terlebih dahulu.

Dengan itu, sama saja dalam proses belajar fisika. Yang sebelumnya para pembimbing akan memberikan sebuah materi yang dasar agar siswa yang ingin bisa ilmu fisika tidak menakutkan atau menegangkan.

Metode seperti ini, sudah lama digunakan oleh PushOne Plus yang merupakan kursus fisika terbaik di Tangerang Selatan.